Selasa, 04 Mei 2010

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN, PEMBELIAN DAN PERSEDIAAN PADA UD. BINTANG TERANG

BAB I

PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah

Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi saat ini berkembang sangat pesat. Dan banyak perusahaan atau badan usaha yang menggunakan teknologi informasi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja dalam perusahaannya.

UD Bintang Terang merupakan distributor barang-barang klontong yang membeli dan menjual barang-barang klontong dalam jumlah besar (grosir) maupun eceran. Transaksi dan data yang semakin banyak menyebabkan timbulnya beberapa kelemahan dan permasalahan dalam sistem usaha dagang ini.

Dalam hal ini, penulis memilih Sistem Penjualan,Pembelian dan Persediaan Barang. Sistem penjualan merupakan sistem yang mengatur dan mengelola transaksi penjualan barang baik secara tunai maupun kredit. Sistem pembelian adalah sistem yang mengatur dan mengelola transaksi pembelian secara tunai dan kredit. Sedangkan sistem persediaan barang merupakan sistem yang mengelola data persediaan barang di gudang.

UD Bintang Terang memiliki banyak konsumen, sehingga sering kelabakan apabila ada pesanan barang dalam jumlah besar, selain itu terdapat kesulitan pengecekan stok barang apabila dibutuhkan. Demikian juga dalam hal keuangan, sering terjadi kesalahan dalam penghitungan keuangan. Semua permasalahan ini disebabkan oleh karena sistem yang masih manual.

Berdasarkan semua uraian diatas, maka penulis tertarik untuk menyusun laporan tugas akhir ini dengan judul “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN, PEMBELIAN DAN PERSEDIAAN BARANG PADA UD BINTANG TERANG”


1.2 Identifikasi Masalah

UD Bintang Terang menggunakan sistem yang masih manual. Hal ini menyebabkan cukup banyak permasalahan dan kelemahan-kelemahan yang menjadi penghambat produktivitas kegiatan usaha tersebut, antara lain :


1. Sering terjadi kesalahan penghitungan dalam keuangan.

2. Bentuk laporan belum memberikan informasi yang cukup memadai.

3. Sulitnya pengecekan stok barang di gudang.



1.3 Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dari penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah :


1. Untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan program pendidikan sarjana (S1) di STMIK-LIKMI Bandung.

2. Bagi penulis sendiri, untuk menambah pengalaman dan wawasan dalam dunia kerja dan menerapkan teori-teori yang dipelajari selama kuliah.

3. Bagi pihak lain, penulis berharap hasil penelitian ini dapat bermanfaat sebagai bahan referensi atau bahan perbandingan.


Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah :


1. Memperbaharui sistem yang ada dengan sistem yang sudah terkomputerisasi agar lebih efisien, cepat, dan akurat serta mampu mendukung perusahaan dalam perkembangan kegiatan usaha selanjutnya.

2. Untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi agar sesuai dengan standar yang dibutuhkan dalam menunjang kelancaran kegiatan usaha.

3. Menyajikan informasi yang lebih cepat dan akurat untuk mendukung berbagai pihak dalam mengambil keputusan, seperti contohnya dalam pengelolaan piutang Pelanggan.



1.4 Metodologi Penelitian

Dalam penyusunan Tugas Akhir ini penulis melakukan penelitian untuk memperoleh fakta serta mengumpulkan data yang diperlukan. Adapun metodologi yang digunakan adalah:

1. Penelitian lapangan, yaitu penelitian langsung yang dilaksanakan dilokasi kerja praktek dengan menggunakan beberapa teknik penggumpulan data sebagai berikut:


1. Studi lapangan, yaitu penelitian langsung ke perusahaan yang diteliti untuk mendapatkan data serta informasi yang diperlukan.

2. Pengamatan, yaitu teknik pengumpulan data dengan mengamati langsung kegiatan yang dilakukan pada bagian-bagian yang berhubungan dengan proses perusahaan.

3. Wawancara, yaitu teknik pengumpulan data dengan melakukan tanya jawab secara langsung.

4. Studi dokumentasi, yaitu mempelajari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas.


2. Penelitian kepustakaan, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mempelajari literatur-literatur, buku-buku, bahan kuliah, sumber bacaan lainnya yang merupakan landasan teori yang erat hubungannya dengan pembahasan tugas akhir ini.


1.5 Pembatasan Masalah
Dalam penyusunan Tugas Akhir ini, penulis membatasi ruang lingkup penelitian hanya pada sistem informasi penjualan dan pengelolaan piutang, yang mencakup:


1. Dalam persediaan barang, berupa koreksi dan mutasi stok barang.

2. Dalam penjualan, penjualan dalam bentuk tunai maupun kredit.


1.6 Lokasi dan Waktu Penelitian
Untuk penyusunan Tugas Akhir ini penulis melakukan penelitian di UD Bintang Terang Jl. Melong Raya No.106A - Cijerah Bandung dan waktu pelaksanaannya dimulai pada bulan Februari 2006 dalam waktu 42 jam diluar waktu perkuliahan sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan di STMIK LIKMI.


1.7 Sistematika Penulisan
Sistematika ini berisi gambaran secara singkat materi laporan yang dibuat dalam Tugas Akhir tersebut. Secara garis besar materi laporan dibagi menjadi lima bab, yaitu: BAB I : PENDAHULUAN

Dalam bab ini dijelaskan mengenai latar belakang masalah, identifikasi masalah, maksud dan tujuan penelitian, metodologi penelitian, pembatasan masalah, waktu dan lokasi penelitian serta sistematika penulisan laporan. BAB II : LANDASAN TEORI

Pada bab ini dijelaskan tentang landasan teori dan permasalahan yang diambil serta teori-teori lain yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. BAB III : ANALISIS SISTEM INFORMASI

Dalam bab ini berisikan mengenai gambaran umum perusahaan, analisis prosedur kerja, analisis dokumen, serta analisis aliran data dan evaluasi sistem yang sedang berjalan. BAB IV : PERANCANGAN SISTEM INFORMASI

Bab ini menjelaskan analisa sistem baru dan pembuatanusulan pengembangan perancangannya yang lebih baik yang direpresentasikan melalui pemodelan sistem dengan menggunakan diagram aliran data, contoh run program, contoh layout dan output. BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN

Pada bab terakhir ini membahas tentang kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian dan saran-saran yang berguna untuk pengembangan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar